]

Tentang LP2M UNANDA Palopo

PROFIL LPPM UNANDA

Lembaga

Penelitian dan pengabdian masyarakat di Universitas Andi Djemma (Unanda) dfasilitasi oleh unit pelaksana Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Unanda. Lembaga tersebut adalah unit pelaksana yang bertugas untuk memfasilitasi dan mendukung pelaksanaan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di Unanda yang berpijak pada pedoman dan aturan yang telah ditetapkan oleh Rektor sebagaiamana dalam Panduan Akademik Universitas.

Kebijakan Umum Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat

  1. Mendukung Visi Unanda menuju Universitas sekaligus mendorong dimanfaatkannya hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
  2. Pengembangan penelitian aplikatif (terapan), kolaboratifdan multi-disiplin untuk mendukung peningakatan kualitas riset di Unanda.
  3. Penataan kelembagaan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang mengarah kepada peningkatan profesionalisme, efisiensi dan sesuai dengan kebutuhan.

Langkah-langkah Pengembangan Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Berikut ini akan diuraikan langkah-langkah pengembangan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yaitu.

  1. Meningkatkan riset inovatif, aplikatif dan kolaboratif yang didasarkan pada interdisiplin dan multidisiplin keilmuan.
  2. Meningkatkan jumlah dan mutu ilmiah riset sebagai dasar peningkatan kualitas perguruan tinggi dalam penelitian dan pengabdian pada masyarakat;
  3. Meningkatkan profesionalisme dan efisiensi kelembagaan penelitian dan pengabdian pada masyarakat;
  4. Meningkatkan budaya riset di Unanda sesuai dengan interdisiplin dan multidisiplin keilmuan masing-masing fakultas.
  5. Meningkatkan publikasi ilmiah dengan terbentuknya 9 (sembilan) jurnal nasional yang ber ISSN (cetak dan on-line) dalam mendukung pengembangan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Kesembilan jurnal tersebut yaitu sebagai berikut:

  • Jurnal Tabaro Agriculture Science, bisa diakses pada laman http://www.ojs.unanda.ac.id/index.php/jtas
  • Jurnal Pena Teknik, Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Teknik, bisa diakses pada laman http://www.ojs.unanda.ac.id/index.php/jiit
  • JEMMA (Journal Economic, managemen and Acounting), bisa diakses pada laman http://www.ojs.unanda.ac.id/index.php/jemma
  • Jurnal To Ciung, Jurnal Ilmu Hukum, bisa diakses pada laman http://www.ojs.unanda.ac.id/index.php/tociung
  • Jurnal Andi Djemma, Jurnal Ilmu Pendidikan, bisa diakses pada laman http://www.ojs.unanda.ac.id/index.php/batara
  • Jurnal Butini of Wallacea, Aquaculture and Fisheries Journal, bisa diakses pada laman http://www.ojs.unanda.ac.id/index.php/buttini
  • Jurnal Penelitian Kehutanan BONITA, bisa diakses pada laman http://www.ojs.unanda.ac.id/index.php/bonita
  • Journal I La Galigo | Public Administration Journal, bisa diakses pada laman http://www.ojs.unanda.ac.id/index.php/ilagaligo
  • Jurnal To Maega | Jurnal Pengabdian Masyarakat, bisa diakses pada laman http://www.ojs.unanda.ac.id/index.php/tomaega

Kebijakan dan Sistem Pengelolaan Penelitian

Kebijakan dan sistem pengelolaan penelitian di Unanda disusun oleh LP2M melalui pembuatan Standar Operasional Prosedur (SOP) dengan persetujuan senat Universitas dan ditetapkan oleh Rektor. Kebijakan tersebut juga dituangkan dalam bentuk Rencana Induk Penelitian (RIP) Unanda. Dalam penyusunan RIP harus diselaraskan dengan kebijakan Kemenristek-Dikti tentang desentralisasi penelitian perguruan tinggi mensyaratkan ketersediaan jejak rekam dan payung penelitian, Pusat Kajian maupun Laboratorium di perguruan tinggi.

Berkenaan dengan itu, LP2M Unanda telah melakukan pemetaan penelitian dalam lingkungan Universitas dalam 4 (empat) tahun terakhir mulai dari tingkat laboratorium sampai fakultas. Sebagai tindak lanjut pemetaan tersebut, telah disusun RIP di tingkat universitas (LP2M) berdasarkan arah dan kebijakan Ristek Dikti. Selain berdasarkan jejak rekam dan payung penelitian internal Unanda, RIP yang disusun juga mengacu kepada Agenda Riset Nasional dan Rencana Strategis (Renstra) Unanda.

Rencana Induk Penelitian (RIP) yang disusun memiliki makna perencanaan strategi terkait dengan penelitian, mencakup pengalokasian sumberdaya yang ada berdasarkan pertimbangan analisis efisiensi dan analisis SWOT (strength, weakness, opportunity dan threat). RIP tersebut berfungsi sebagai alat yang digunakan untuk menentukan keberadaan suatu organisasi dan rencana kemajuan penelitian universitas selama beberapa tahun mendatang. Pelaksanaan penyusunan RIP didasarkan kepada berbagai kebijakan tentang peningkatan jumlah penelitian di tingkat nasional dan tingkat universitas, antara lain; (1) Agenda Riset Nasional (2015-2019), berdasarkan Keputusan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2015; Dan (2) Rencana Strategis (Renstra) Unanda (2017-2021).

Penyusunan RIP tersebut diharapkan akan mampu menjawab berbagai tantangan dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional hingga Tahun 2024 yaitu mewujudkan masyarakat Indonesia yang mandiri, maju, adil dan makmur melalui percepatan pembangunan diberbagai bidang dengan menekankan terbangunnya struktur perekonomian yang kokoh berlandaskan keunggulan kompetitif.

  1. Pengarahan Fokus dan Agenda Penelitian

Penelitian Unanda mengacu kepada Renstra Tahun 2017-2021, yaitu menghasilkan penelitian sesuai prioritas nasional, menjamin pengembangan penelitian unggulan, meningkatkan mutu penelitian yang relevan bagi masyarakat, meningkatkan karya ilmiah dosen di dalam jurnal nasional dan internasional, mengusulkan perolehan HKI secara nasional. Ada empat isu starategis dalam Rencana Strategis Unanda 2017-2021, yaitu sebagai berikut;

  1. Peningkatan kualitas pendidikan dan pengajaran;
  2. Peningkatan kualitas penelitian dan pengabdian kepada masyarakat;
  3. Peningkatan kualitas kemahasiswaan dan alumni; dan
  4. Peningkatan kualitas kelembagaan dan kerjasama.

Untuk setiap isu starategis tersebut kemudian ditetapkan indikator kinerja utama yang diikuti dengan standar mutu Universitas Andi Djemma pada setiap indikator. Indikator kinerja utama diharapkan menjadi bagian dari evaluasi keberhasilan implementasi Rencana Strategis (Renstra) sehingga indikator kinerja utama tersebut dijabarkan menjadi program dan kegiatan dalam program kerja Tahunan Rektor.

Program strategis Unanda dituangkan dalam pelaksanaan riset unggulan sebagai bagian dari riset nasional.Riset Unggulan Unanda ditentukan berdasarkan hasil riset unggulah setiap fakultas dan kebijakan tentang riset di tingkat Nasional, regional dan tingkat universitas meliputi riset dasar, riset terapan dan riset unggulan. Seluruh riset unggulan UNANDA adalah kajian interdisiplin yang beriorentasi dan berkontribusi nyata dalam penyelesaian sebagian masalah nasional maupun masalah di Sulawesi Selatan.

Fokus agenda penelitian Unanda melalui riset unggulan Unanda untuk periode 2014-2018 yang telah ditetapkan tujuh bidang unggulan yaitu sebagai berikut:

  1. Ketahanan Pangan
  2. Perencanaan Transportasi
  3. Good Governance
  4. Hukum acara dan Hukum adat & pengelolaan Sumber Daya Alam (SDA)
  5. Agroforestry
  6. Akuakultur & Manajemen Sumber Daya Perairan
  7. Manajemen Bisnis & Kewirausahaan

Masing-masing bidang unggulan telah dijabarkan lebih lanjut ke dalam tema-tema riset spesifik yang diperlukan. Untuk mendukung pengembangan ketuju bidang unggulan tersebut, telah pula dirancang berbagai skema penelitian, mulai dari peneliti pemula sampai peneliti unggul.